Selasa, 12 September 2023

Umur Baterai Vs Charger Cycle

 

Bolo BMY
#boloBMY
Umur baterai ditentukan dari charger cycle ?

Ini masih menjadi pernyataan yang simpang siur dan rancu. Ada penjelasannya sih...

Menurut standar pabrik:
1 Cycle adalah kondisi di mana baterai dipakai lebih dari 85% dari kapasitasnya dan di-charge. Ini adalah metode pengujian umum yang dilakukan untuk menentukan umur baterai Li-Ion oleh vendor (bahkan ditentukan suhu pemakaian dan charging juga). Dari baterai penuh di-drain sampe habis berulang2 sampe terlihat titik wear out baterainya... Ini merupakan kondisi ideal dari pabrik sono, tidak mungkin kita mencapai titik cycle ini dalam kehidupan sehari-hari.

Tapi kalo ditanya prakteknya: 
Terlalu sering nge-charge juga akan mengurangi umur baterai Li-Ion  Karena otomatis saat nge-charge ada kenaikan suhu dan baterai seperti ini enggak suka suhu panas hehehe... Walaupun mungkin tidak termasuk definisi menghabiskan 1 cycle baterai, tapi baterai akan lebih cepat berkurang kapasitasnya kalo keseringan di-charge... 


Memang disarankan bahwa baterai baru waktu pertama kali pakai di cycle 3x. Dengan cara :Kosongkan baterry sampai hibernate/shut down -> Charge sampe 100% (entah sambil laptop di-on atau off mode). Ini terhitung 1 cycle. Ulangi hal diatas sampai 3 cycle untuk mengaktifkan sel" elektronik dalam battery.

ada juga panduan dari apple, katanya maksud dari 1 charge cycle tuh bukan sekali ngecas, tapi bagaimana batre di cas 100% dari kapasitasnya, tapi ga mesti sekaligus. misalnya hari ini kita make ampe 50%, terus dicas, besoknya kita make 50% lagi, terus di cas. nah kan total casnya= 50%+50%=100%. itulah yang dinamakan 1 buah charge cycle.. coba liat2 di webnya apple deh. katanya sih gitu, makanya gw ga takut2 ama charge cycle. malah jadi ga nyaman makenya kalo terlalu takut ama umur batre.


0 comments:

Posting Komentar